Soal Dan Pembahasan Rangkaian Logika Dan Arsitektur Komputer

new2bdoc2b2017-03-20_1

JAWABANNYA :  B

Rangkaian kombinasional adalah rangkaian yang outputnya hanya tergantung pada input ”pada saat itu”.

 

new2bdoc2b2017-03-20_2

JAWABANNYA : C

Rangkaian sekuensial adalah adalah rangkaian logika yang kondisi keluarannya dipengaruhi oleh masukan dan keadaan keluaran sebelumnya atau dapat dikatakan rangkaian yang bekerja berdasarkan urutan waktu.

new2bdoc2b2017-03-20_3

JAWABANNYA :  D

  1. Flip-flop
  2. counter
  3. Register
  4. Memori

JAWABANNYA :  B

  1. Enkoder
  2. Dekoder
  3. Multiplexer
  4. Demultiplexer

JAWABANNYA :  C

Multiplexer adalah suatu rangkaian yang mempunyai banyak input dan hanya mempunyai satu output. Dengan menggunakan selektor, dapat dipilih salah satu inputnya untuk dijadikan output. Sehingga dapat dikatakan bahwa multiplexer ini mempunyai n-input, m-selector , dan 1 output.

JAWABANNYA :  B

Demultiplexer atau sering disingkat demux adalah rangkaian rangkain yang digunakan untuk memperbanyak jumlah output/keluaran. pada rangkaian demultiplexer input yang masuk diperbanya output nya menjadi beberapa output. demultiplexer adalah kebalikan dari multiplexer. perbedaan demultiplexer dengan decoder yaitu pada jumlah input nya. kalau pada decoder jumlah input nya terdiri dari beberapa kabel, sedangkan pada demultiplexer input nya hanya satu kabel.

JAWABANNYA :  A

Decoder adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah bentuk sinyal biner menjadi decimal.

JAWABANNYA :  E

Encoder adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah (konfersi) bentuk sinyal decimal menjadi biner.

JAWABANNYA :  D

Flip-flop adalah rangkaian yang mempunyai fungsi pengingat (memory). Artinya rangkaian ini mampu melakukan proses penyimpanan data sesuai dengan kombinasi masukan yang diberikan kepadanya. Data yang tersimpan dapat dikeluarkan sesuai dengan kombinasi masukan yang diberikan.

JAWABANNYA :  B

Decoder BCD ke 7 segment merupakan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengubah kode BCD menjadi karakter tampilan angka desimal yang dapat dilihat secara visual.

JAWABANNYA :   E

Ada 4 Shift Register yaitu:

  1. Register Geser SISO (Serial Input Serial Output)
  2. Register Geser SIPO (Serial Input Paralel Output)
  3. Register Geser PIPO (Paralel Input Paralel Output)
  4. Register geser PISO (Paralel Input Serial Output)

JAWABANNYA :  B

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Rangkaian logika yang input nya 1 lalu output nya banyak. Maka rangkaian tersebut dinamakan Demultiplexer.

JAWABANNYA :  A

Flip-flop RS atau SR (Set-Reset) merupakan dasar dari flip-flop yang ada. Flip-flop ini mempunyai 2 masukan yaitu S (SET) dan R (RESET). S(SET), dipakai untuk menyetel (membuat keluaran flip-flop berkeadaan 1) dan R (RESET) dipakai untuk me-reset (membuat keluaran berkeadaan 0).

JAWABANNYA :     B

JK flip-flop sering disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF karena terdiri dari dua buah flip-flop, yaitu Master FF dan Slave FF. Master Slave JK FF ini memiliki 3 buah terminal input yaitu J, K dan Clock. Sedangkan IC yang dipakai untuk menyusun JK FF adalah tipe 7473 yang mempunyai 2 buah JK flip-flop dimana lay outnya dapat dilihat pada Vodemaccum IC (Data bookc IC).

JAWABANNYA : D

   Flip Flop D

Flip-flop ini dinamakan dengan flip-flop data karena keluarannya selalu sama dengan masukan yang diberikan. Saat flip-flop pada keadaan aktif, masukan akan diteruskan ke saluran keluaran. D flip-flop adalah RS flip-flop yang ditambah dengan suatu inventer pada reset inputnya. Sifat dari D flip-flop adalah bila input D (Data) dan pulsa clock berlogik 1, maka output Q akan berlogik 1 dan bilamana input D berlogik 0, maka D flip-flop akan berada pada keadaan reset atau output Q berlogik 0.Nama flip-flop ini berasal dari Delay. Flip flop D hanya mempunyai satu masukan data dan satu masukan clock. Flip flop D sering disebut flip flop tunda. Kata tunda menggambarkan apa yang terjadi pada data, atau pada informasi masukan D. Data (0 atau 1) ditunda 1 pulsa clock dari pemasukannya sampai keluaran Q. Flip-flop D dapat disusun dari flip-flop S-R atau flip-flop J-K yang masukannya saling berkebalikan. Hal ini dimungkinkan dengan menambahkan salah satu masukannya dengan inverter agar kedua masukan flip-flop selalu dalam kondisi berlawanan.

JAWABANNYA :    C

Register adalah sekelompok flip-flop yang dapat dipakai untuk menyimpan dan untuk mengolah informasi dalam bentuk linier.

JAWABANNYA :  E

Beberapa rangkaian decoder yang sering kita jumpai saat ini adalah decoder jenis 3 x 8 (3 bit input dan 8 output line), decoder jenis 4 x 16, decoder jenis BCD to Decimal (4 bit input dan 10 output line) dan decoder jenis BCD to 7 segmen (4 bit input dan 8 output line). Khusus untuk pengertian decoder jenis BCD to 7 segmen mempunyai prinsip kerja yang berbeda dengan decoder decoder lainnya, di mana kombinasi setiap inputnya dapat mengaktifkan beberapa output linenya.

JAWABANNYA :  B

Counter juga disebut pencacah atau penghitung yaitu rangkaian logika sekuensial yang digunakan untuk menghitung jumlah pulsa yang diberikan pada bagian masukan. Counter digunakan untuk berbagai operasi aritmatika, pembagi frekuensi, penghitung jarak (odometer), penghitung kecepatan (spedometer), yang pengembangannya digunakan luas dalam aplikasi perhitungan pada instrumen ilmiah, kontrol industri, komputer, perlengkapan komunikasi, dan sebagainya .

JAWABANNYA :  E

Karakteristik counter :

  1. Sampai berapa banyak ia dapat mencacah (modulo pencacah)
  2. Mencacah maju, ataukah mencacah mundur
  3. Kerjanya sinkron atau tak sinkron
  4. Dapat berjalan terus dan berhenti sendiri

JAWABANNYA :  B

Synchronous counter merupakan counter yang masukan clock pemicunya dihubungkan ke setiap flip-flop, sehingga setiap flip-flop akan beroperasi dengan masukan transisi clock yang sama. Pada synchronous counter harus dipastikan bahwa setiap flip-flop menahan transisi luarannya sampai tiba gilirannya.

JAWABANNYA :  D

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya.

JAWABANNYA :  C

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.

JAWABANNYA :  B

Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

JAWABANNYA :  E

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

JAWABANNYA :  E

Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu

  1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
  2. Control Unit
  3. Registers
  4. CPU Interconnections

JAWABANNYA :   B

Arithmatic Logical Unit (ALU), fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan de padanya.

JAWABANNYA :   A

Central  Processing  Unit  (CPU),  berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi
komputer  dan pusat  pengolahan  fungsi  –  fungsi  komputer.

JAWABANNYA :    C

Register
1) Media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
2) Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

JAWABANNYA :    B

Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :

Fungsi Operasi Pengolahan Data

Fungsi Operasi Penyimpanan Data

Fungsi Operasi Pemindahan Data

Fungsi Operasi Kontrol

JAWABANNYA :     D

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop.

JAWABANNYA :     E

  • Jaringan Komputer Menggunakan Media Kabel ( Wired Network ). Jenis jaringan komputer yang satu ini biasanya menggunakan media kabel sebagai media transmisinya ada Jenis jaringan ini disebut juga dengan jenis jaringan menggunakan media transmisi terpadu ( Guided Transmission Media ). beberapa kabel yang bisa digunakan untuk membuat model jaringan seperti ini diantaranya, Kabel Coaxial, Kabel TP ( STP dan UTP ), serta Kabel Fiber Optic.
  • Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Kabel ( Nirkabel ). Jenis jaringan komputer ini menggunakan sistem gelombang sebagai media Transmisinya, jenis jaringan ini juga disebut sebagai jenis jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpandu ( Unguided transmission media ), beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain : Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

JAWABANNYA :     E

Bagian utama dari arsitektur Von Neumann:

  1. unit Aritmatika dan Logis atau disingkat ALU,
  2. unit kontrol,
  3. memori,
  4. alat masukan dan hasil (nama lainnya I/O).”

JAWABANNYA :     B

Tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya. Seperti pengurangan, pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

JAWABANNYA :     A

Control Unit merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan mengatur dan pengendali semua peralatan computer, Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data.

JAWABANNYA :     B

ROM adalah istilah bahasa inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen (Non volatile), artinya program atau data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

JAWABANNYA :     C

DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.

JAWABANNYA :     E

Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).

JAWABANNYA :     D

Soft Copy Device, merupakan output device (alat keluaran) yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image/gambar maupun suara melalui media soft (lunak) berupa sinyal elektronik. Yang termasuk soft copy device adalah video display, flat panel display,monitor dan speaker.

JAWABANNYA :     A

IC (Integrated Circuit) adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan Transistor, Resistor dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

JAWABANNYA :     C

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang  IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor.

Sumber :

https://ahmadharisandi7.wordpress.com/2015/07/05/rangkaian-logika-sekuensial-dan-kombinasional/

 

http://1modul.blogspot.co.id/2015/04/sistem-komputer-i.html?m=1

http://martabahtiar.blogspot.co.id/2014/01/multiplexer-dan-demultiplexer.html?m=1

https://donysiswandi.wordpress.com/2013/04/29/pengertian-encoder-dan-decoder/

http://elektronika-dasar.web.id/dekoder-bcd-ke-7-segment/

http://agungtaufik.blogspot.co.id/p/blog-page.html?m=1

http://bagusrizal.blogspot.co.id/2013/04/definisi-flip-flop.html

http://www.adityarizki.net/tutorial-teknik-digital-rangkaian-pencacah-counter/

http://dhimas-wahyu.blogspot.co.id/2011/06/pencacah-counter.html?m=1

http://maghfir-mbund2.blogspot.co.id/2013/05/rangkaian-counter.html

http://wandiparlente.blogspot.co.id/2013/02/organisasi-komputer.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer

https://dienalj.wordpress.com/2015/11/11/penjelasan-organisasi-dan-arsitektur-komputer/

http://chairulraja.blogspot.co.id/2015/05/struktur-cpu-central-processing-unit.html

https://yogiearieffadillah.wordpress.com/2013/12/30/pengertian-dan-cara-kerja-arithmatic-logical-unit-alu/

https://loveninx.wordpress.com/category/mata-kuliah-teknik/arsitektur-dan-organisasi-komputer/

http://nursam.ilearning.me/organisasi-komputer/quiz-2/

http://herlinasiswoyo.blogspot.co.id/2012/07/struktur-dan-fungsi-utama-komputer_29.html

http://dickyamahendra.blogspot.co.id/2015/01/perangkat-penyimpanan-dan-penyediaan-data.html

http://puruhitas.blog.uns.ac.id/2016/01/29/jaringan-komputer/

http://saranghaesamsoon.blogspot.co.id/2012/04/empat-bagian-utama-komputer-menurut.html

http://pourpre-violet.blogspot.co.id/2013/10/fungsi-alu-dan-cu.html

http://muhammadwafi12.blogspot.co.id/2014/09/fungsi-unit-control_19.html

https://kilometer69informatika.wordpress.com/2012/11/06/ram-dan-rom/

http://www.gudangilmukomputer.com/2016/01/pengertian-ddr-sdram-dan-jenis-jenisnya.html

http://nengtri.blogspot.co.id/2012/10/input-atau-masukanalat-input-langsung.html

http://nandoputrapratama.blogspot.co.id/2014/10/soft-copy-device.html

http://teknikelektronika.com/jenis-jenis-komponen-elektronika-beserta-fungsi-dan-simbolnya/

http://www.academia.edu/5940604/SEJARAH_KOMPUTER_GENERASI_1-4

Leave a comment